-->

CARA MENGATASI INSOMNIA

Orang dengan insomnia atau ketidakmampuan untuk tidur dan kesulitan tidur selalu menghampirinya, atau terbangun yang dengan tidak diinginkan pada malam hari, juga selalu gelisah sehingga pola tidur tidak bisa nikmati dengan baik.

CARA MEGATASI INSOMNIA

Terkadang keadaan itu membuat orang yang mengalami gejala tersebut juga sering merasakan kantuk di siang hari namun tidak bisa juga menikmati indahnya kegiatan tidur pada siang hari, dan yang lebih parah lagi ia juga bisa berkonsentrasi dengan baik.

Insomnia adalah salah satu jenis yang paling umum dari gangguan tidur, setidaknya kadang-kadang mempengaruhi sekitar satu dari tiga orang Amerika. Studi epidemiologi menunjukkan bahwa 9% sampai 15% orang Amerika mengalami masalah berfungsi di siang hari sebagai akibat dari insomnia. Karena susah tidur sering terjadi bersamaan dengan gangguan kejiwaan, insomnia dapat mempengaruhi sebanyak 50% sampai 80% dari pasien dalam praktek kesehatan mental yang khas. masalah tidur sangat umum pada pasien dengan kecemasan, depresi, gangguan bipolar, dan hiperaktivitas gangguan perhatian defisit (ADHD).

Jenis insomnia

Salah satu cara yang paling umum untuk mengklasifikasikan insomnia dalam hal durasi gejala. Insomnia dianggap sementara jika berlangsung kurang dari satu bulan, jangka pendek jika terus selama satu sampai enam bulan, dan kronis jika masalah terus berlanjut lebih dari enam bulan.

Penyebab transient atau insomnia jangka pendek biasanya jelas bagi individu yang terkena. keadaan umum termasuk kematian orang yang dicintai, kegelisahan tentang acara mendatang, jet lag, atau ketidaknyamanan dari sakit atau cedera. insomnia kronis, di sisi lain, yang paling sering dipelajari melalui pengkondisian. Setelah mengalami beberapa malam tanpa tidur, beberapa orang belajar untuk mengasosiasikan kamar tidur dengan menjadi terjaga. Mengambil langkah-langkah untuk mengatasi kurang tidur - tidur siang, minum kopi, memiliki neonatal, atau forgoing latihan - hanya memperburuk masalah. Insomnia berlanjut, kecemasan mengenai insomnia dapat tumbuh lebih intens, yang mengarah ke lingkaran setan di mana takut tentang sulit tidur dan konsekuensinya menjadi penyebab utama insomnia.

Pengobatan menjadi perlu sekali jika susah tidur mengganggu kualitas tidur untuk tingkat yang berdampak buruk terhadap kesehatan atau kemampuan untuk berfungsi selama hari seseorang.


Terapi perilaku kognitif


Untuk insomnia kronis, pengobatan pilihan adalah terapi perilaku kognitif.  American Academy of Sleep Medicine dan National Institutes of Health merekomendasikan menggunakan terapi perilaku kognitif (CBT) sebelum pengobatan, berdasarkan kesimpulan penelitian yang di disimpulkan oeleh CBT adalah sama efektifnya dengan resep obat mengentaskan insomnia kronis dalam jangka pendek dan mungkin lebih efektif dalam jangka panjang. Meskipun sebagian besar penelitian ini telah dibatasi untuk orang tanpa gangguan kejiwaan, tubuh yang lebih kecil dari penelitian menunjukkan bahwa CBT juga membantu bagi orang yang memiliki masalah kesehatan mental bersama dengan insomnia.

Ketika digunakan untuk mengobati insomnia, CBT membantu pasien mengubah pikiran dan keyakinan negatif tentang tidur menjadi positif. Orang dengan insomnia cenderung menjadi sibuk dengan tidur dan khawatir tentang konsekuensi dari kurang tidur. khawatir ini membuat santai dan tertidur hampir mustahil. Seorang dokter menggunakan CBT membantu pasien untuk menetapkan tujuan realistis dan belajar untuk melepaskan pikiran yang tidak akurat yang dapat mengganggu tidur, seperti keputusasaan ( "Aku tidak akan pernah mendapatkan istirahat malam yang layak"). Sebaliknya, pasien belajar untuk menggantikan pikiran maladaptif dengan yang lebih konstruktif, seperti "Tidak semua masalah saya berasal dari insomnia," atau "Saya memiliki kesempatan baik untuk mendapatkan malam yang baik tidur malam." Terapis juga menyediakan struktur dan dukungan sementara pasien berlatih pikiran dan kebiasaan baru. CBT juga melibatkan perubahan gaya hidup yang dapat digunakan sendiri atau dikombinasikan sebagai bagian dari terapi (lihat "Perubahan gaya hidup yang mempromosikan tidur").

Dalam penelitian yang melibatkan perbandingan head-to-head, obat cenderung untuk meredakan gejala lebih cepat dari CBT, tapi manfaat berakhir setelah pasien berhenti minum obat. Sebaliknya, manfaat CBT menjadi lebih jelas dengan waktu. Sebagai contoh, satu studi dibandingkan CBT sendiri dengan kombinasi CBT dan zolpidem (Ambien). Pada tanda enam minggu, pasien pada kedua kelompok membaik, tetapi mereka yang menerima pengobatan kombinasi membaik lebih cepat, tidur rata-rata 20 menit lebih lama per malam daripada yang ditugaskan untuk CBT sendiri. Namun, di kedua, fase jangka panjang dari penelitian, manfaat dari terapi obat memudar. Setelah awalnya menerima terapi kombinasi, pasien diacak untuk terapi pemeliharaan dengan CBT sendiri atau melanjutkan terapi kombinasi (CBT dan zolpidem). Pada tanda enam bulan, 68% dari pasien yang menerima hanya pemeliharaan CBT mencapai remisi, secara signifikan lebih dari 42% terapi kombinasi penerima.

Hambatan terbesar untuk pengobatan yang sukses dengan CBT adalah komitmen pasien - beberapa orang gagal untuk menyelesaikan semua sesi yang diperlukan atau untuk berlatih teknik mereka sendiri. program berbasis internet sedang diuji untuk mengatasi tantangan ini. Beberapa studi kecil menunjukkan bahwa program CBT online yang mengajarkan orang kebersihan tidur yang baik, teknik relaksasi, dan strategi lainnya yang menjanjikan. Misalnya, satu program.

Sumber : Health.Harvard.edu

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "CARA MENGATASI INSOMNIA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel